Wolverhampton Tundukkan 10 Pemain Manchester City 3-2

Manchester City takluk dengan skor 2-3 dari Wolverhampton Wanderers di pertandingan Boxing Day Premier League. City yang tampil dengan 10 pemain, kalah walaupun sempat unggul. Di dalam pertandingan di Molineux Stadium pada hari Sabtu (28/12/2019) dinihari WIB, City mesti bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-12 karena Ederson Moraes dikartu merah. Akan tetapi City tetap bisa memimpin 2-0 terlebih dulu melalui 2 gol Raheem Sterling.

Wolverhampton baru mampu membalas 3 gol via Adama Traore, Raul Jimenez dan Matt Doherty di paruh kedua untuk membalikkan keadaan menjadi 3-2. Kekalahan ini menjadi yang kedua dialami oleh City dari Wolverhampton setelah kalah 0-2 di pertemuan pertama pada bulan Oktober silam.

Hasil ini membuat The Citizens tetap berada di posisi 3 klasemen Premier League dengan nilai 38 poin. City gagal menggeser Leicester City yang berada di peringkat 2 dengan nilai 39 poin. Sementara itu The Wolves naik ke urutan 5 dengan nilai 30 poin.

Sempat berjalan dengan alot pada 10 menit awal, pertandingan mulai memanas sesudah itu. Pada menit ke-11, City mesti tampil dengan 10 pemain setelah Ederson dikartu merah. Ederson diusir wasit Martin Atkinson karena melanggar Diogo Jota diluar kotak penalti. Sebagai orang terakhir di lini pertahanan City, Ederson menjatuhkan Jota yang sedang menyambut crossing.

Sebagai pengganti kiper, Josep Guardiola menarik keluar Sergio Aguero dan memasukkan Claudio Bravo. Situasi tersebut membuat Wolverhampton lebih banyak menyerang. Joao Moutinho dan Jimenez berulang kali melepaskan tendangan ke arah gawang, tapi masih bisa diantisipasi Bravo.

Akan tetapi City tetap mampu unggul terlebih dulu di menit ke-25. Bermula dari pelanggaran yang dilakukan Leander Dendoncker terhadap Riyad Mahrez, wasit Atkinson memberikan City hadiah penalti setelah ditinjau melalui VAR (Video Assistant Referee). Sterling yang menjadi algojo, tapi tembakannya sempat dihalau Rui Patricio. Lalu VAR meminta tendangannya diulang dan sepakan Sterling kembali ditepis Patricio. Akan tetapi bola rebound bisa diteruskan Sterling menjadi gol sehingga City pun memimpin 1-0.

Wolverhampton berupaya menyamakan kedudukan setelah ketinggalan. Berulang kali tim tuan rumah mengurung lini pertahanan City. Pada menit ke-44, Jimenez sempat melepaskan tendangan ke arah gawang, tapi bola masih bisa dijinakkan Bravo. Sampai turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan City tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, City memainkan Eric Garcia dan menarik keluar Mahrez. Serangan tim tamu tidak surut, bahkan mampu menggandakan keunggulannya 5 menit usai jeda. Sterling kembali membobol gawang Patrico di menit ke-50. Memanfaatkan umpan terobosan Kevin De Bruyne, Sterling menceploskan bola ke dalam gawang Wolverhampton. 2-0 untuk City. Berselang 5 menit, Wolverhampton bisa memperkecil skor menjadi 1-2. Traore melepaskan tembakan mendatar dengan kaki kanan yang membuat bola bersarang di sudut kiri bawah gawang Bravo.

Berhasil mencetak satu gol, Wolverhampton semakin semangat dan terus menyerang City untuk mencari gol penyeimbang. Pada menit ke-69, Traore kembali menebar ancaman, namun tendangannya kali ini bisa diamankan Bravo. Terus menerus menyerang, Wolverhampton akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-83. Bermula dari kesalahan yang dilakukan Benjamin Mendy di dalam menahan bola, si kulit bundar bisa dicuri Traore di sebelah kanan di dalam kotak penalti. Kemudian Traore mengirimnya ke tengah dan Jimenez mampu mencocornya menjadi gol. Kini skor menjadi 2-2.

Wolverhampton semakin semangat menyerang City. Publik Molineux pun bersorak pada menit ke-89 ketika Doherty mampu menciptakan gol ketiga dan membawa Wolverhampton berbalik unggul 3-2. Kerjasama Doherty dan Jimenez diakhiri dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang membuat bola masuk ke dalam gawang City. Pada sisa waktu pertandingan, City tidak bisa membalas gol itu. Kekalahan 2-3 pun dialami sang juara bertahan di pertandingan Boxing Day Premier League. (RS)

Komentar

Affiliates With :