Tottenham Bantai Burnley Dengan Skor 5-0

Tottenham Hotspur berpesta lima gol tanpa balas ke gawang Burnley di dalam laga lanjutan Premier League. Harry Kane bermain gemilang dengan menyumbang 2 gol dan satu assist.

Di dalam laga yang berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium pada hari Sabtu (7/12/2019) malam WIB, Tottenham bermain amat agresif sejak awal pertandingan. Hasilnya, tim tuan rumah langsung unggul 3 gol pada paruh pertama. Kane, Lucas Moura dan Son Heung-Min berturut-turut menjebol gawang Burnley.

Seusai jeda, 2 gol lain diciptakan Tottenham masing-masing lewat Kane dan Moussa Sissoko.

Kemenangan ini menandai kebangkitan Tottenham setelah dikalahkan Manchester United 1-2 pada tengah pekan. Dengan tambahan 3 poin ini, The Lilywhites naik ke urutan 5 klasemen Premier League dengan nilai 23 poin, berjarak 6 angka dari Chelsea di posisi 4 besar. Sementara itu The Clarets turun ke posisi 13 dengan nilai 18 poin, cuma berjarak 3 angka dari Southampton yang berada di zona merah.

Tottenham mengawali start bagus setelah membuka keunggulannya pada menit ke-4. Dari umpan pendek Son, Kane melepaskan sepakan keras dari depan kotak penalti untuk menggetarkan jala gawang Burnley. 1-0 untuk Tottenham.

Keunggulan tidak membuat serangan Tottenham menjadi tumpul. Cuma berjarak 5 menit, Tottenham berhasil menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Son meliuk-liuk di sebelah kiri menuju kotak penalti sebelum melepaskan tendangan mendatar yang diblok Nick Pope. Bola muntah menciptakan kemelut di muka gawang dan Moura pun bisa menceploskan bola dari jarak dekat.

Sissoko mempunyai sebuah kesempatan emas untuk menciptakan gol ketiga Tottenham. Umpan Son membuat Sissoko terbebas sehingga hanya tinggal berhadapan dengan Pope. Akan tetapi tembakan Sissoko menghantam tiang gawang. Peluang emas kembali dibuang oleh Tottenham. Bekerja sama dengan Son, Dele Alli bisa menggiring bola sampai ke dalam kotak penalti. Tapi Alli keburu ditekel lawan dan terjatuh, padahal Son di sebelah kanan berada dalam posisi yang bagus.

Di tengah serangan lawan, Burnley akhirnya bisa keluar dari tekanan untuk melancarkan serangan berbahaya. Sebuah crossing dari sebelah kanan disambut Robert Brady dengan sundulan kepala yang menaklukkan Paulo Gazzaniga, namun bola cuma mengenai tiang gawang Tottenham. Lantas bola mengarah ke Chris Wood, akan tetapi dia tidak bisa melewati Davinson Sanchez.

Ancaman lainnya dari Burnley. Erik Pieters melepaskan crossing ke dalam kotak penalti yang disundul Jay Rodriguez. Bola masih tepat ke pelukan Gazzaniga.

Gol ketiga yang ditunggu-tunggu Tottenham akhirnya tercipta pada menit ke-32. Dari umpan Jan Vertonghen di lini belakang, Son melakukan aksi individu menembus lini pertahanan Burnley. Pemain internasional Korea Selatan itu menggiring bola dari lini belakang, melewati 6 pemain lawan sebelum masuk ke dalam kotak penalti untuk menaklukkan Pope dengan tendangan kaki kanan! Tottenham pun menjauh 3-0. Para penonton di Tottenham Hotspur Stadium pun melakukan standing ovation untuk Son.

Burnley terus mencoba untuk mencari gol balasan. Umpan silang Brady dari sebelah kiri disundul Rodriguez dari muka kotak penalti. Bola melebar tipis dari gawang Tottenham.

Tottenham meminta penalti usai tendangan bebas Son mengenai tangan Jeff Hendrick. Akan tetapi berdasarkan peninjauan VAR (Video Assistant Referee), wasit Kevin Friend memutuskan itu bukanlah handball. Paruh pertama tuntas, Tottenham masih unggul 3-0 atas Burnley.

Selepas jeda, Tottenham masih menggila. Gol keempat berhasil dicetak di menit ke-54. Sesudah menerima umpan Alli, Kane menggiring bola menusuk ke dalam kotak penalti Burnley. Lantas Kane mengakhirinya dengan tendangan keras yang bersarang di pojok atas gawang Pope. 4-0 untuk Tottenham.

Keunggulan besar membuat Tottenham menurunkan tempo walaupun terus melancarkan serangan. Pada menit ke-74, Sissoko melakukan kerjasama satu dua dengan Kane sebelaum menuntaskannya dengan tembakan ke tiang jauh untuk merubah kedudukan menjadi 5-0. Di sisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Tottenham pun meraup 3 angka lewat kemenangan 5-0 atas Burnley ini. (RS)

Komentar

Affiliates With :