Menang 4-1, City Kubur Mimpi Zagreb ke 16 Besar

Manchester City meraih kemenangan 3-1 di markas Dinamo Zagreb. Hasil ini membuat Zagreb mesti mengubur mimpinya ke babak 16 besar.

Bermain di Stadion Maksimir di matchday pamungkas Grup C Liga Champions pada hari Kamis (12/12/2019) dinihari WIB, City bermain dengan dominan di sepanjang pertandingan dengan ball possession sebesar 75%.

Walaupun demikian, City malah ketinggalan lebih dulu pada menit ke-10 via Dani Olmo. Tim tamu lantas bangkit untuk mencetak 4 gol lewat hattrick Gabriel Jesus dan satu gol dari Phil Foden.

Kemenangan 4-1 membawa The Citizens semakin kokoh di puncak klasemen Grup C dengan nilai 14 poin. Sementara buat Zagreb, hasil ini mesti mengubur mimpin ke babak selanjutnya karena menempati dasar klasemen dengan nilai 5 poin.
City melangkah ke babak 16 besar ditemani oleh Atalanta. Atalanta menjadi runner-up Grup C dengan nilai 7 poin setelah menang 3-0 di markas Shakhtar Donetsk.

City yang telah dipastikan diri lolos ke babak 16 besar membuat rotasi di sejumlah posisi. Josep Guardiola memberikan kesempatan kepada Eric Garcia, Foden dan Claudio Bravo untuk tampil sejak menit awal. Kondisi City yang bermain tidak dengan tim terbaik pun mampu dimanfaatkan oleh Zagreb.

Tim tuan rumah sudah memimpin 1-0 saat pertandingan baru berjalan 10 menit. Crossing Damian Kadzior dari sebelah kiri bisa disambar Olmo dengan sepakan voli. Tendangan Olmo pun meluncur deras ke dalam gawang Bravo.

Ketinggalan, City pun berusaha untuk menguasai jalannya pertandingan. Perlahan-lahan City mulai mendominasi penguasaan bola. Walaupun demikian, City masih sulit menembus rapatnya lini belakang Zagreb. Pada menit ke-16, Ilkay Guendogan melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Upaya Guendogan masih dapat diamankan Dominik Livakovic.

City akhirnya bisa menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-34. Jesus mampu menjebol gawang Zagreb melalui sundulan kepala setelah menerima umpan silang Riyad Mahrez dari sebelah kanan. Sempat terjadi ketegangan setelah gol ini. Kapten Zagreb, Arijan Ademi geram karena Jesus mencetak gol ketika salah seoran pemain tuan rumah tergeletak karena mengalami cedera.

City meneruskan dominasinya pada 10 menit terakhir babak pertama. Akan tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta sampai turun minum. Skor masih 1-1.

Lima menit setelah jeda, Jesus kembali menjadi mimpi buruk buat Zagreb. Kerjasama Jesus dan Foden bisa membongkar lini pertahanan lawan. Jesus sempat mengelabui Emir Dilaver sebelum mengukir namanya di papan skor. City pun berbalik unggul 2-1.

Di menit ke-54, Jesus mencetak hattrick di dalam pertandingan ini. Gol ini berawal dari umpan pendek Foden dengan Benjamin Mendy di sebelah kiri. Lantas Mendy melepaskan umpan ke muka gawang Zagreb. Jesus pun bisa menyambar si kulit bundar dan merubah skor menjadi 3-1.

Guardiola memutuskan untuk menarik keluar Jesus setelah menciptakan hattrick. Jesus pun digantikan oleh Oleksandr Zinchenko. Manajer asal Spanyol itu sepertinya lebih fokus untuk mengamankan kemenangan. City sedikit kehilangan ketajamannya dengan tidak adanya Jesus.

Tapi kendali permainan masih tetap dipegang oleh City. Mereka menambah satu gol lagi 6 menit menjelang waktu normal berakhir lewat Foden. Umpan Guendogan diterima Bernardo Silva yang menusuk ke dalam kotak penalti. Silva lantas melepaskan umpan mendatar yang diteruskan Foden ke dalam gawang Zagreb. 4-1 untuk City.

Di sisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. City pun menutup jalannya pertandingan di Stadion Maksimir dengan skor 4-1. (RS)

Komentar

Affiliates With :