Menang 2-0 Atas Lokomotiv, Atletico Melangkah ke Babak 16 Besar

Atletico Madrid meraih kemenangan 2-0 atas Lokomotiv Moskow pada matchday pamungkas Grup D Liga Champions. Kemenangan ini membawa Atletico lolos ke babak 16 besar.

Atletico berhadapan dengan Lokomotiv di Estadio Wanda Metropolitano pada hari Kamis (12/12/2019) dinihari WIB. Pada paruh pertama, Atletico sudah memimpin 1-0 lewat tendangan penalti Joao Felix.
Tim tuan rumah menambah keunggulannya pada babak kedua via sepakan voli Felipe. Atletico menutup jalannya pertandingan dengan keunggulan 2-0.

Statistik memperlihatkan dominasi Atletico atas Lokomotiv di sepanjang 90 menit pertandingan. Sampai akhir pertandingan, Atletico melepaskan total 16 tembakan dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang. Atletico juga mencatatkan penguasaan bola sebesar 68%. Sementara itu Lokomotiv gagal melepaskan tembakan ke gawang Jan Oblak.

Hasil ini membuat Los Colchoneros lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup D dengan nilai 10 poin. Atletico menemani Juventus yang kokoh di puncak dengan nilai 16 poin. Juventus sendiri di dalam pertandingan lainnya meraih kemenangan 2-0 atas Bayer Leverkusen di BayArena. Hasil itu pun membuat Leverkusen turun kasta ke Liga Europa.

Atletico langsung memperoleh hadiah penalti dari wasit asal Hungaria, Viktor Kassai, pada menit ke-3 setelah Felix dilanggar Anton Kochenkov di dalam kotak terlarang. Kieran Trippier yang maju sebagai algojo gagal memanfaatkan peluang tersebut karena bola tembakannya ditepis Kochenkov.

Atletico terus melancarkan serangannya ke lini pertahanan Lokomotiv. Felix menebar ancaman melalui tembakannya di menit ke-12, tapi bola masih bisa dihalau barisan belakang tim tamu.

Di menit ke-15, ada terjadi pelanggaran handball yang dilakukan Rifat Zhemaletdinov di dalam kotak penalti. Wasit Kassai pun memutuskan hadiah penalti untuk Atletico setelah meninjau tayangan VAR (Video Assistant Referee). Kali ini Felix yang maju sebagai algojo dan berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Lokomotiv. Atletico pun memimpin 1-0.

Setelah gol pertama, Atletico masih belum mengendurkan serangannya. Alvaro Morata bahkan sempat mencetak gol untuk Atletico pada menit ke-26 setelah menerima umpan sundulan Angel Correa. Akan tetapi gol itu lantas dianulir oleh wasit dan VAR karena Morata sudah berada dalam posisi offside ketika mendapatkan umpan Correa. Alhasil skor masih tetap 1-0.

Atletico kembali memberikan ancaman melalui sepakan Thomas Partey dari depan kotak penalti pada menit ke-30. Bola masih bisa diselamatkan Kochenkov dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Atletico menguasai jalannya pertandingan sampai 76%, tapi tak ada lagi gol yang tercipta sampai turun minum. Paruh pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Atletico.

Memasuki jalannya pertandingan di babak kedua, Atletico masih mengambil inisiatif serangan dan menciptakan gol keduanya pada menit ke-54. Bermula dari sepak pojok Trippier, dia memberikan umpan pendek ke Koke yang langsung melambungkan si kulit bundar ke dalam kotak penalti Lokomotiv. Bola itu lantas langsung disambar oleh pemain bertahan Atletico, Felipe, dengan tembakan voli dan bersarang ke dalam gawang Kochenkov. 2-0 untuk Atletico.

Tim besutan Diego Simeone itu hampir memperbesar keunggulannya pada menit ke-72 melalui tandukan Morata. Akan tetapi bola masih melayang tipis di atas mistar gawang Lokomotiv.

Sesudah itu Atletico terus berupaya mencari gol ketiganya, namun sampai pertandingan berakhir tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Atletico pun menang dengan skor 2-0 dan memastikan dirinya lolos ke babak 16 besar bersama Juventus. (RS)

Komentar

Affiliates With :