Manchester City Bungkam Arsenal 3-0

Manchester City mengalahkan Arsenal 3 gol tanpa balas. Bintang kemenangan City adalah Kevin De Bruyne yang mencetak 2 gol dan satu assist.

Di dalam pertandingan matchday 17 Premier League yang dimainkan di Emirates Stadium pada hari Minggu (15/12/2019) malam WIB, City bermain dengan dominan dengan melepaskan 14 tembakan dengan 7 di antaranya mengarah ke gawang. City menguasai ball possession sebesar 58%.

Arsenal cuma melepaskan satu tembakan ke gawang dari total 6 percobaan. Seluruh gol kemenangan City lahir pada paruh pertama. Selain De Bruyne, Raheem Sterling juga mencatatkan namanya di papan skor.

Tambahan 3 angka ini membuat City memangkas jaraknya dengan Leicester City menjadi 4 poin. The Citizens berada di peringkat 3 dengan nilai 35 poin, namun masih berjarak 14 angka dari Liverpool di puncak klasemen. Sementara itu The Gunners yang masih tidak konsisten terpuruk di posisi 9 dengan nilai 22 poin.

Arsenal langsung menyerang pada menit awal saat Gabriel Martinelli mendapatkan umpan panjang dari lini belakang. Sesudah menaklukkan Kyle Walker, Martinelli mencoba menembak ke sudut gawang City, akan tetapi Ederson Moraes masih bisa menghalaunya.

Semenit kemudian, City justru mampu mencetak gol melalui serangan balik. Gabriel Jesus melepaskan umpan tarik yang disambut De Bruyne dengan tendangan first time dan membuat bola masuk ke sudut atas gawang Bernd Leno. 1-0 untuk City. Gol tersebut membuat City lebih nyaman di dalam menguasai jalannya laga dan Arsenal pun mau tidak mau mesti keluar menyerang untuk bisa mencetak gol.

Hal itu dimaksimalkan oleh City di menit ke-15 saat serangan balik cepat mereka menghasilkan gol kedua. De Bruyne menaklukkan sejumlah bek Arsenal setelah mendapatkan umpan terobosan dari Phil Foden. Sterling yang mendapatkan bola terakhir dengan mudah menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang yang kosong. City pun unggul 2-0.

Usai ketinggalan 2 gol, Arsenal justru kesulitan mengejar ketertinggalannya. Arsenal sama sekali tidak bisa membongkar lini belakang City.

Yang ada, gawang Leno malah kembali bobol pada menit ke-40. Foden mendapatkan bola di sepertiga akhir lapangan dan memberikannya ke De Bruyne. Lepas dari kawalan Matteo Guendouzi, De Bruyne melepaskan tembakan kaki kiri dari depan kotak penalti yang melesak masuk ke sudut gawang Arsenal. 3-0 untuk City!

De Bruyne hampir menciptakan hattrick 2 menit berselang. Sepakan keras De Bruyne dari jarak jauh mengarah ke gawang, namun Leno masih bisa menepisnya dan hanya mengenai tiang.

City pun menutup jalannya pertandingan di babak pertama dengan keunggulan 3-0 atas Arsenal.
Memasuki paruh kedua, Arsenal mencoba untuk meningkatkan intensitas serangannya. Akan tetapi Arsenal lagi-lagi sulit menembus rapatnya pertahanan City.

Di menit ke-63, gawang Arsenal nyaris kebobolan saat Sterling dengan mudahnya melewati hadangan Calum Chambers dan tinggal berhadapan dengan Leno. Namun Leno berhasil memperkecil ruang tembakn Sterling untuk menghalau bola. City lebih tenang di dalam menguasai jalannya laga dan membiarkan Arsenal menguasai bola. Berulang kali serangan Arsenal bisa menembus lini tengah, akan tetapi langsung dimentahkan para pemain bertahan City.

City kembali memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Kali ini via Riyad Mahrez pada menit ke-87 setelah mendapatkan umpan Sterling. Tapi tendangan Mahrez dari sudut sempit masih bisa diantisipasi Leno.

Begitu juga kans Sterling yang mendapatkan umpan terobosan De Bruyne pada menit ke-90. Setelah masuk ke dalam kotak penalti, Sterling gagal menjaga akurasi tembakannya dan bola pun melenceng. Sampai pertandingan tuntas, City tetap unggul 3-0 atas Arsenal. (RS)

Komentar

Affiliates With :