Liverpool Tundukkan Everton 5-2

Liverpool mengokohkan dirinya di puncak klasemen Premier League setelah menundukkan Everton. Di dalam pertandingan Derby Merseyside tersebut, Liverpool menang dengan skor akhir 5-2.

Di dalam laga yang dimainkan di Anfield pada hari Kamis (5/12/2019) dinihari WIB, Liverpool dan Everton tampil agresif sejak paruh pertama. Ada 6 gol tercipta, 4 dari Liverpool lewat Divock Origi (2 gol), Xherdan Shaqiri dan Sadio Mane, sementara Everton via Michael Keane serta Richarlison.

Pada paruh kedua, hanya ada satu gol tambahan dari Georginio Wijnaldum pada menit ke-88.

Dengan tambahan 3 angka ini, The Reds masih berada di peringkat pertama dengan nilai 43 poin dari 15 pertandingan, unggul 8 poin dari Leicester City di urutan 2. Sementara itu The Toffees turun ke posisi 18 dengan nilai 14 poin.

Baru 6 menit pertandingan berjalan, Liverpool sudah membuka keunggulannya melalui Origi. Liverpool melancarkan serangan balik dan Mane menggiring bola sampai mendekat ke kotak penalti sebelum mengoper ke Origi yang melewati Jordan Pickford untuk menceploskan bola ke dalam gawang yang kosong. Tim tuan rumah pun memimpin 1-0.

Liverpool kemudian menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-17. Mane lagi-lagi meneror lini belakang Everton usai mendapatkan umpan diagonal dari Trent Alexander-Arnold. Mendekat ke kotak penalti, Mane melepaskan umpan terobosan untuk dituntaskan Shaqiri ke dalam gawang Everton.

Liverpool yang unggul 2 gol justru lengah dan membiarkan Everton menguasai pertandingan. Tim tamu pun berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 pada menit ke-21 saat lini belakang Liverpool gagal meredam umpan silang Alex Iwobi dan bola direbut Keane. Lalu Keane menaklukkan Adrian dari dekat.

Liverpool terus berusaha menambah gol sampai akhirnya berhasil mendapatkan keunggulan 2 gol lagi pada menit ke-31. Dejan Lovren melepaskan umpan panjang ke lini belakang Everton dan Origi bisa menguasainya sebelum menaklukkan Pickford di dalam duel satu lawan satu. 3-1 untuk Liverpool.

Sesudah membuat 2 assists, Mane kemudian mengukir namanya di papan skor di menit ke-45. Lagi-lagi serangan balik Liverpool membuat lini belakang Everton kocar-kacir saat Alexander-Arnold menggiring bola sampai mendekati kotak penalti sebelum memberikan umpan ke Mane. Mane kemudian menuntaskan umpan Alexander-Arnold melalui tendangan kaki kiri yang masuk di sudut kanan gawang Pickford. Liverpool menjauh 4-1.

Everton tidak mau menyerah begitu saja dan membuat paruh pertama tuntas dengan skor 4-2 untuk keunggulan Liverpool. Everton memangkas jarak pada menit ketiga masa injury time babak pertama saat umpan silang Bernard dari sebelah kiri disambut Richarlison dengan sundulan kepala untuk menaklukkan Adrian.

Memasuki babak kedua, irama permainan menurun dan tidak banyak kans yang diciptakan selama 20 menit pertama. Liverpool masih mendominasi laga, namun mereka suli menciptakan peluang bersih.

Liverpool baru mendapatkan kesempatan emas pertamanya pada babak kedua di menit ke-80. Bermula dari umpan panjang Jordan Henderson yang mengarah langsung ke dalam kotak penalti, Mane bisa mendapatkannya. Akan tetapi sepakan Mane di muka gawang justru melebar tipis di sebelah kiri gawang Everton.

Mane kembali membuang sebuah peluang pada menit ke-86 saat dia mendapatkan umpan terobosan Henderson. Mane tinggal berhadapan dengan Pickford dan berhasil melewatinya, namun dia tidak mampu menembak bola dengan baik.

Tidak lama kemudian, giliran Everton yang membuang peluang mencetak gol saat Moise Kean menusuk ke dalam kotak penalti Liverpool. Tinggal berhadapan dengan Adrian, bola tendangan Kean melenceng tipis di sebelah kanan gawang Liverpool.

Wijnaldum memperbesar keunggulan Liverpool menjadi 5-2 pada menit ke-88. Roberto Firmino menusuk dari sebelah kiri dan memberikan bola kepada Wijnaldum yang langsung menembaknya ke arah tiang jauh gawang Pickford. Skor 5-2 untuk keunggulan Liverpool pun menutup jalannya pertandingan ini. (RS)

Komentar

Affiliates With :