Liverpool Menang 2-0 Atas Watford

Liverpool meraih kemenangan 2-0 atas Watford untuk meneruskan rentetan kemenangannya di Premier League. Dua gol Liverpool dicetak oleh Mohamed Salah.

Liverpool menghadapi Watford pada matchday 17 Premier League di Anfield pada hari Sabtu (14/12/2019) malam WIB. Liverpool sempat terlihat kesulitan menembus rapatnya lini belakang Watford.

Tim tuan rumah akhirnya membuka keunggulannya di menit ke-38 melalui Salah. Keunggulan 1-0 itu bertahan sampai jeda pertandingan.

Watford bukannya tanpa peluang. Akan tetapi buruknya penyelesaian akhir tim tamu membuat mereka tidak mampu menciptakan gol. Alisson Becker juga berulang kali menghalau tembakan para pemain Watford. Lantas Salah kembali menciptakan gol pada menit ke-90 untuk mengunci kemenangan Liverpool.

Ini menjadi kemenangan kedelapan yang dicatatkan Liverpool secara beruntun di Premier League. The Reds pun semakin kokoh di puncak klasemen Premier League dengan nilai 49 poin dari 17 laga. Sementara itu The Hornets terpuruk di dasar klasemen dengan nilai 9 poin.

Watford mendapatkan kesempatan terlebih dulu pada menit ke-5 melalui serangan dari sebelah kanan. Ismaila Sarr melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, namun Troy Deeney tidak mampu menjangkaunya.

Liverpool kesulitan untuk menciptakan peluang karena Watford beramin dengan rapat di lini belakang.
Watford melancarkan serangan dari tengah lapangan dengan Will Hughes mencoba melepaskan tendangan dari depan kotak penalti. Tapi masih melenceng dari sasaran.

Salah menusuk ke lini belakang Watford dan masuk ke dalam kotak penalti. Lalu Salah mengakhiri pergerakannya dengan sepakan melengkung kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh. Upaya Salah ini masih belum membuahkan hasil karena bola melenceng dari gawang.

Watford kembali memberikan ancaman dari sebelah kanan. Etienne Capoue melepaskan umpan ke tengah kotak penalti. Sial buat Watford karena Abdoulaye Doucoure yang tidak terkawal gagal menyambut bola. Bola liar yang disambar Gerard Deulofeu diblok dan cuma menghasilkan tendangan penjuru.

Watford tidak bisa memaksimalkan tendangan sudut tersebut. Sebaliknya, Liverpool langsung melancarkan serangan balik. Sadio Mane memberikan bola ke Salah yang langsung menusuk ke lini pertahanan Watford. Lalu Salah melepaskan tendangan kaki kanan yang bersarang di sudut kanan atas gawang Ben Foster. 1-0 untuk Liverpool.

Watford mempunyai kesempatan emas untuk menciptakan gol balasan di menit ke-42. Sepakan Deulofeu dihalau Alisson dan bola rebound mengarah ke Sarr yang tidak terkawal di muka gawang. Akan tetapi tembakan Sarr luput dan bola mengarah ke Capoue. Liverpool pun bisa bernafas lega karena tendangan Capoue melayang di atas mistar gawang.

Sesudah turun minum, Watford mencoba mengambil inisiatif serangan. Sarr menusuk masuk ke kotak penalti dari sebelah kanan dan melepaskan sepakan yang masih bisa diantisipasi Alisson.

Di menit ke-50, Mane sempat membobol gawang Watford melalui sundulan kepala setelah menyambut umpan silang Xherdan Shaqiri. Tapi VAR (Video Assistant Referee) menyatakan Mane sudah terlebih dulu berada dalam posisi offside dan wasit Andre Marriner pun membatalkan gol tersebut.

Watford balas memberikan ancaman melalui Deulofeu yang menusuk ke dalam kotak penalti Liverpool. Alisson lagi-lagi masih bisa membuat penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tendangan Deulofeu.

Masuknya Andy Robertson menggantikan Georginio Wijnaldum membuat Liverpool semakin berbahaya di sebelah kiri. Bola umpan Robertson mengarah kepada Roberto Firmino yang berada di dalam kotak penalti. Akan tetapi rapatnya lini belakang Watford membuat Firmino tidak dapat melepaskan sepakan dengan sempurna.

Virgil Van Dijk membuat kesalahan di lini pertahanan Liverpool. Niat Van Dijk untuk melakukan backpass ke Alisson malah menghasilkan tendangan sudut buat Watford. Dari tendangan penjuru tersebut, Deulofeu mengarahkan tembakan langsung ke gawang dan hanya menghantam tiang gawang.

Liverpool menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-90. Bermula dari umpan tarik Mane dari sebelah kanan, bola coba disambut Divock Origi. Tendangan Origi yang kurang sempurna malah mengarahkan bola ke Salah. Salah pun langsung menembak si kulit bundar ke dalam gawang. Walaupun VAR sempat mengecek adanya dugaan terjadi offside, tapi gol itu tetap sah. (RS)

Komentar

Affiliates With :