Lazio Beri Kekalahan Pertama Buat Juventus di Serie A

Juventus gagal menggeser Inter Milan dari puncak klasemen Serie A setelah takluk 1-3 dari Lazio. Ini juga merupakan kekalahan pertama mereka di musim ini.

Bermain di Stadio Olimpico di giornata 15 Serie A pada hari Minggu (8/12/2019) dinihari WIB, Lazio vs Juventus berlangsung dengan sengit sejak awal pertandingan. Juventus lebih dominan dengan ball possession sebesar 60%.

Tapi Lazio bermain sangat efektif setelah melepaskan 16 percobaan dengan 7 di antaranya mengarah ke sasaran. Sementara itu Juventus cuma bisa melepaskan 8 tembakan dengan 4 di antaranya mengarah ke gawang.

Juventus sempat unggul terlebih dulu melalui Cristiano Ronaldo. Tapi Lazio membalikkan keadaan lewat gol Luiz Felipe, Sergej Milinkovic-Savic dan Felipe Caicedo.

Lazio juga memberikan kekalahan perdana buat Juventus di musim ini. Hasil ini pun membuat Juventus gagal menyalip Inter di puncak klasemen. I Bianconeri tetap berada di peringkat 2 dengan nilai 38 poin, tertinggal 2 angka dari I Nerazzurri. Sementara itu I Biancoceleste berada di urutan 3 dengan nilai 33 poin.

Juventus bermain menyerang pada awal pertandingan dengan mengandalkan kecepatan kedua sayap mereka. Tim tamu menciptakan peluang pada menit ke-15 melalui Paulo Dybala. Mendapatkan umpan di sebelah kanan lini pertahanan Lazio, Dybala memperoleh ruang untuk melepaskan tembakan di dalam kotak penalti. Akan tetapi tendangan melengkung Dybala dengan gemilang dihalau Thomas Strakosha.

Tim tuan rumah berupaya mengimbangi permainan Juventus dengan permainan keras. Sejumlah duel tidak terhindarkan di lini tengah memasuki pertengahan paruh pertama.

Pada menit ke-25, Juventus mampu memimpin 1-0 di pertandingan ini. Bola pantul Ronaldo melepaskan Rodrigo Bentancur di sebelah kanan. Lantas Bentancur melepaskan umpan mendatar kembali ke Ronaldo. Tidak terkawal di muka gawang, Ronaldo pun menyambar bola untuk menggetarkan jala gawang Lazio.

Ketinggalan membuat Lazio berupaya untuk membalas. Di menit ke-34, Ciro Immobile mendapatkan kesempatan emas. Crossing Manuel Lazzari dari sebelah kanan mengarah ke Immobile yang tidak terjaga di tiang jauh. Tapi tendangan Immobile masih melayang di atas gawang Juventus.

Namun Lazio mampu menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit akhir paruh pertama. Luis Alberto melepaskan umpan terukur dari sebuah skema tendangan sudut. Bola mengarah kepada Felipe. Sundulan kepala Felipe pun menaklukkan Wojciech Szczesny.

Seru! Babak pertama pun berakhir 1-1.

Sesudah jeda, pertandingan berjalan semakin menarik dengan kedua kesebelasan sama-sama saling bermain terbuka. Walaupun demikian, Lazio dan Juventus malah kesulitan untuk menciptakan peluang bersih.

Di menit ke-65, kesalahan umpan yang dilakukan Francesco Acerbi hampir berakibat fatal. Dybala yang mencuri bola tidak terkawal di dalam kotak penalti. Lantas Dbala melepaskan tendangan keras. Akan tetapi Strakosha kembali memperlihatkan kepiawaiannya di bawah mistar gawang dengan menepis bola.

Bencana hadir buat Juventus 4 menit kemudian. Juan Cuadrado menerima kartu merah langsung karena melanggar Lazzari sebagai orang terakhir di lini belakang. Awalnya wasit Michael Fabbri memberikan kartu kuning akibat pelanggaran ini. Tapi sesudah meninjau VAR (Video Assistant Referee), wasit Fabbri pun dengan tegas menguri Cuadrado.

Unggul di dalam jumlah pemain mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Lazio pada menit ke-74. Umpan terukur Alberto dari lini tengah mengarah ke Milinkovic-Savic di dalam kotak penalti. Mengontrol si kulit bundar dengan baik, tendangan keras Milinkovic-Savid tidak mampu dihadang Szczesny. Lazio pun berbalik unggul 2-1.

Lazio berkesempatan menjauh pada menit ke-79 ketika mendapatkan hadiah penalti. Wasit Fabbri menunjuk titik putih setelah Szczesny menjatuhkan Joaquin Correa di dalam kotak terlarang. Szczesny langsung menebus kesalahannya ini. Kiper internasional Polandia itu dengan gemilang menghalau tembakan Immobile. Tidak hanya itu, bola rebound yang kembali kepada Immobile juga bisa diamankan Szczesny.

Tapi Lazio memastikan kemenangannya pada menit akhir pertandingan. Memanfaatkan bola muntah, Caicedo menutup 90 menit pertandingan dengan skor 3-1 untuk Lazio. (RS)

Komentar

Affiliates With :