Kalahkan Salzburg 2-0, Liverpool Juarai Grup E

Liverpool berhasil menundukkan perlawanan Red Bull Salzburg dengan skor 2-0 di Liga Champions. Hasil ini membuat Liverpool memastikan lolos ke babak sistem gugur sebagai pemuncak Grup E.

Bermain di Red Bull Arena pada matchday terakhir Grup E pada hari Rabu (11/12/2019) dinihari WIB, baik Salzburg dan Liverpool sama-sama tampil terbuka. Hal ini membuat pertandingan berlangsung dengan menarik karena kedua tim saling jual beli serangan.

Salzburg dan Liverpool sama-sama bisa melepaskan 7 percobaan di sepanjang pertandingan. Tapi Liverpool lebih efektif di dalam memanfaatkan peluang dengan berhasil menciptakan 2 gol. Gol tim tamu dicetak oleh Naby Keita dan Mohamed Salah pada paruh kedua.

Kemenangan ini membuat The Reds mengoleksi nilai 13 poin, unggul satu angka atas Napoli yang di pertandingan lain menang 4-0 atas Genk. Sementara itu Die Mozartstadter berada di posisi 3 setelah mengoleksi nilai 7 poin. Walaupun terdepak dari Liga Champions, Salzburg masih berhak bermain di Liga Europa.

Salzburg yang memerlukan kemenangan untuk melangkah ke babak sistem gugur langsung bermain menyerang. Enock Mwepu mencoba menebar ancaman kepada Liverpool melalui tembakan jarak jauh di menit ke-3. Tapi arah bola sepakan Mwepu masih tepat ke pelukan Alisson Becker.

Dua menit kemudian Liverpool berusaha membalas. Umpan panjang Dejan Lovren diterima Salah. Dengan kecepatannya, Salah menusuk ke dalam kotak penalti Salzburg. Lantas Salah melepaskan tendangan mendatar, namun Cican Stankovic masih bisa menggagalkannya.

Jual beli serangan terjadi pada 10 menit awal pertandingan. Salzburg nyaris memecah kebuntuannya pada menit ke-7. Hwang Hee-Chan menusuk dari sebelah kanan dan kemudian melepaskan tembakan. Alisson dengan baik meredam upaya Hwang. Akan tetapi ancaman belum berhenti karena bola rebound menuju ke Takumi Minamino. Alisson kembali menjadi penyelamat Liverpool setelah dengan cepat menutup ruang tembak Minamino.

Memasuki pertengahan paruh pertama, irama tinggi yang dikembangkan kedua kesebelasan sama sekali tidak mengendur. Di menit ke-20, Sadio Mane mempunyai kesempatan bagus. Memiliki ruang di dalam kotak penalti, Mane berupaya melepaskan tendangan. Namun Stankovic masih bisa menghalau si kulit bundar.

Liverpool mulai menurunkan irama permainannya pada 10 menit terakhir pertandingan di babak pertama. Hal ini bisa meredam agresivitas Salzburg. Skor kacamata alias 0-0 pun tidak berubah sampai turun minum.

Sesudah jeda, Liverpool menciptakan peluang terlebih dulu pada menit ke-48. Umpan terobosan Mane diterima Salah di dalam kotak penalti. Tapi sepakan Salah masih melayang di atas mistar gawang Salzburg.

Tim tuan rumah tidak tinggal diam, serangan cepat mereka pada menit ke-53 membuat Erling Braut Haaland berada dalam posisi tidak terkawal. Akan tetapi tendangan mendatar Haaland melenceng tipis dari gawang Liverpool.

Kebuntuan di pertandingan ini akhirnya terpecahkan pada menit ke-57 usai Keita mengukir namanya di papan skor. Gol ini berawal dari tusukan Mane ke dalam kotak penalti Salzburg. Stankovic memutuskan keluar dari sarangnya untuk menutup aksi Mane. Tapi Mane masih sempat melepaskan crossing yang berhasil ditanduk Keita ke dalam gawang Salzburg. Liverpool pun memimpin 1-0.

Gol Keita sepertinya membuat konsentrasi para pemain Salzburg sedikit terganggu. Semenit kemudian, Jerome Onguene melakukan kesalahan fatal. Umpan backpass-nya ke Stankovic bisa dicuri Salah. Dari sudut yang sempit, Salah melepaskan tendangan yang membawa tim tamu unggul 2-0.

Unggul 2 gol, Liverpool masih belum mengurangi tekanannya. Pada menit ke-78, Salah berkesempatan menciptakan gol keduanya di pertandingan ini. Kecepatan Salah tidak bisa dibendung Onguene. Lantas Salah melepaska sepakan, namun Stankovic masih bisa mengantisipasinya.

Pada sisa waktu pertandingan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan sampai pertandingan berakhir. (RS)

Komentar

Affiliates With :