Kalahkan Oxford 3-1, City Melangkah ke Semifinal Piala Liga Inggris

Manchester City berhasil melangkah ke babak semifinal Piala Liga Inggris. Kepastian itu diperoleh setelah City menundukkan Oxford United 3-1.

City melawat ke kandang tim League One itu di pertandingan babak perempatfinal Piala Liga Inggris pada hari Kamis (19/12/2019) dinihari WIB. Bermain di Kassam Stadium, City mampu menjebol gawang tim tuan rumah sebanyak 3 kali.

Gol tim tamu dicetak oleh Raheem Sterling (2 gol) dan Joao Cancelo. Sementara itu Oxford cuma bisa membalas sekali melalui tendangan Matt Taylor.

Kemenangan ini membawa The Citizens melangkah ke babak semifinal Piala Liga Inggris. Babak semifinal nanti akan dimainkan dalam sistem kandang dan tandang.

Leg I akan dimainkan pada 7-8 Januari mendatang, sementara itu leg II akan digelar pada 28-29 Januari. Penentuan lawan di babak 4 besar ini akan dilakukan lewat undian.
Jalannya Laga

City menguasai jalannya laga sejak menit awal. Walaupun demikian, City masih sulit menciptakan kesempatan berbahaya. Hal ini tidak lepas dari permainan disiplin Oxford. Melawan situasi ini, City tetap bermain dengan sabar.

Kesabaran City membuahkan hasil pada menit ke-22. Tim besutan Josep Guardiola itu berhasil menciptakan gol lewat serangan rapi dari lini pertahanan. Aliran bola City dari sebelah kiri pertahanan tidak terputus sehingga menemui Phil Foden di lini tengah. Foden lantas memberikan umpan ke Cancelo yang menusuk dari sebelah kanan. Menggiring bola sampai ke dalam kotak penalti, Cancelo lalu melepaskan tembakan keras. Derasnya laju si kulit bundar membuat Jordan Archer tidak berkutik. City pun memimpin 1-0.

Skor 1-0 itu berhasil dipertahankan City sampai berakhirnya paruh pertama.

Semenit usai turun minum, Oxford mengejutkan City dengan berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Umpan terobosan Shandon Baptiste menemui Taylor. Dengan sekali tekuk, Taylor bisa melewati Taylor Harwood-Bellis. Memiliki ruang tembak yang bagus, Taylor pun melepaskan tendangan mendatar yang tidak kuasa dihalau Claudio Bravo.

Tersentak dengan gol Oxford, City berusaha untuk memberikan respons. Hasilnya City kembali unggul 2-1 pada menit ke-50. Angelino dari sebelah kiri melepaskan umpan yang bisa disambar Sterling di dalam kotak penalti ke dalam gawang Oxford.

Sterling menciptakan gol keduanya di dalam pertandingan ini di menit ke-70 sekaligus merubah skor menjadi 3-1. Gol ini berawal dari aksi pemain pengganti Gabriel Jesus. Jesus bisa menerobos dari sebelah kiri di dalam kotak penalti Oxford. Lantas Jesus memberikan umpan yang dengan mudah disepak masuk oleh Sterling.

Dua menit kemudian, City hampir menambah gol lagi. Kerjasama Riyad Mahrez dan Cancelo di sebelah kanan bisa membongkar lini belakang Oxford. Akan tetapi tembakan Cancelo dari sudut yang sempit hanya mengenai tiang gawang.

Pada 10 menit akhir pertandingan, Oxford yang ketinggalan meningkatkan intensitas serangannya. Ancaman diberikan lewat Jamie Mackie pada menit ke-83. Mackie melepaskan tendangan voli keras di dalam kotak penalti. Namun Bravo masih bisa meredam bola.

Hasrat Oxford untuk memperkecil skor tidak membuahkan hasil pada sisa waktu pertandingan. Skor 3-1 untuk keunggulan City pun menutup jalannya pertandingan. (RS)

Komentar

Affiliates With :