Imbang 2-2 Dengan Liege, Arsenal Lolos ke 32 Besar

Arsenal bangkit dari ketertinggalan 2 gol untuk menahan seri Standard Liege 2-2. Hasil seri itu juga memastikan Arsenal lolos ke 32 besar sebagai juara Grup F.

Arsenal melawat ke kandang Liege di Stade Maurice Dufrasne pada matchday VI Grup F Liga Europa pada hari Jumat (13/12/2019) dinihari WIB. Tercatat jika Arsenal sebenarnya lebih dominan di dalam melepaskan percobaan. Arsenal melepaskan 12 tembakan dengan 6 di antaranya mengarah ke sasaran. Liege cuma bisa melepaskan 6 percobaan dengan 2 di antaranya mengarah ke gawang.

Tapi Liege malah mampu unggul 2 gol terlebih dulu melalui Samuel Bastien dan Selim Amallah. Lantas Arsenal bangkit usai Alexandre Lacazette dan Bukayo Saka menciptakan gol untuk membuat pertandingan berakhir 2-2.

Hasil seri ini sudah cukup untuk membuat The Gunners lolos ke babak 32 besar sebagai juara Grup F dengan nilai 11 poin. Ini terjadi usai di pertandingan lainnya Eintracht Frankfurt takluk 2-3 dari Vitoria Guimares.

Die Adler menemani Arsenal sebagai runner-up setelah mengoleksi nilai 9 poin. Sementara itu Liege mesti tersingkir karena cuma berada di posisi 3 dengan nilai 8 poin.

Arsenal langsung memainkan pressing tinggi pada awal pertandingan. Akan tetapi Liege bisa meladeni permainan lawan dengan ball possession yang cukup bagus.

Tim tuan rumah menciptakan kesempatan berbahaya pada menit ke-11. Konstantinos Mavropanos membuat kesalahan yang nyaris saja berakibat fatal. Umpan Mavropanos malah mengarah ke Mehdi Carcela-Gonzalez yang berdiri di muka kotak penalti Arsenal. Carcela-Gonzalez lantas mencari ruang untuk melepaskan tembakan. Namun upaya Carcela-Gonzalez masih terlalu pelan sehingga bisa diamankan dengan mudah oleh Emiliano Martinez.

Tim tamu membalas 2 menit kemudian. Umpan Lacazette membuat Emile Smith-Rowe terlepas dari kawalan pemain bertahan Liege. Smith-Rowe kemudian menusuk dari sebelah kanan sebelum melepaskan tendangan mendatar. Belum membuahkan hasil. Arnaud Bodart bermain bagus di bawah mistar gawang Liege dengan menepis kans Smith-Rowe itu.

Pada menit ke-26, Bodart kembali beraksi dengan menggagalkan upaya Sako dari sudut sempit. Bodart berhasil menghalau bola menggunakan kakinya.

Pada menit akhir paruh pertama, Arsenal memiliki kesempatan emas untuk membuka skor. Saka tidak terkawal di dalam kotak penalti setelah mendapatkan umpan Reiss Nelson. Saka kemudian melepaskan sepakan yang masih bisa diantisipasi Bodart. Bola rebound mengarah kembali kepada Saka. Lalu Saka melepaskan crossing yang menemui kepala Nelson. Tapi Bodart masih sulit ditaklukkan dengan mampu menangkap si kulit bundar.

Tidak ada gol yang lahir sampai turun minum. Skor masih tetap 0-0.

Liege mengejutkan Arsenal 2 menit usai jeda. Liege mampu unggul 1-0 terlebih dulu melalui Bastien. Tembakan dari depan kotak penalti Bastien mengenai Sokratis Papastathopoulos dan membuat bola berubah arah sehingga mengecoh Martinez. Bola pun meluncur masuk ke dalam gawang Arsenal.

Unggul membuat Liege bermain lebih menyerang. Hasilnya Liege mampu menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Amallah yang mendapatkan bola di dalam kotak penalti dikepung 3 pemain bertahan Arsenal. Amallah lantas berkelit dan melepaskan tendangan. Sepakan Amallah ini mengenai Mavropanos sehingga bergulir masuk ke sudut kiri gawang Arsenal. Martinez tidak bisa menjangku bola.

Arsenal berusaha untuk bangkit. Arsenal pun berhasil memperkecil skor menjadi 1-2 pada menit ke-78. Crossing Saka dari sebelah kiri langsung disambar Lacazette dengan sundulan kepala. Ketangguhan Bodart pada akhirnya runtuh juga di pertandingan ini.

Tiga menit kemudian, Arsenal kembali menciptakan gol untuk membuat kedudukan menjadi 2-2. Saka menjadi mimpi buruk Liege setelah tendangannya dari depan kotak penalti menggetarkan jala gawang Bodart.

Pada sisa waktu pertandingan, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor seri 2-2 menutup jalannya pertandingan ini. (RS)

Komentar

Affiliates With :