Gol Kontroversial Mewarnai Kemenangan 2-0 Man City Atas Sheffield

Manchester City berhasil menang 2-0 ketika menghadapi Sheffield United. Sempat kebobolan tapi dianulir wasit Christopher Kavanagh, City memperoleh titik balik dari gol kontroversial. Menghadapi Sheffield di Etihad Stadium pada hari Senin (30/12/2019) dinihari WIB di pertandingan matchday 20 Premier League, City kerepotan di sepanjang paruh pertama. Sheffield bahkan sempat menciptakan gol pada menit ke-29, akan tetapi dibatalkan VAR (Video Assistant Referee) karena offside.

City lantas mulai bangkit pada paruh kedua, namun memerlukan gol kontroversial untuk memecah kebuntuannya. Kevin De Bruyne mendapatkan bola liar hasil umpan pemain Sheffield yang mengenai wasit Kavanagh, kemudian mengopernya kepada Sergio Aguero. Aguero menuntaskannya dengan dingin untuk membawa City unggul pada menit ke-52. De Bruyne pada prosesnya juga turut mengukir namanya di papan skor di menit ke-82. The Citizens mendapatkan 3 poin dan tetap berada di peringkat 3 klasemen Premier League dengan nilai 41 poin. Sementara itu The Blades berada di urutan 8 dengan nilai 29 poin.

City langsung menguasai jalannya pertandingan selepas kickoff dan menggulirkan bola ke segala penjuru. Sheffield merapatkan lini belakangnya dan mencoba memberi perlawanan melalui serangan balik. Sheffield memberikan ancaman pada menit ke-8 saat crossing Callum Robinson disambut Lys Mousset dengan sundulan kepala di tengah kotak penalti. Mousset gagal mengarahkan bola ke gawang walaupun posisinya cukup bebas.

Upaya City memberikan ancaman nyata mulai terlihat pada menit ke-17. Riyad Mahrez terlepas di sebelah kanan, kemudian mengelabui seorang pemain lawan dan melepaskan tembakan. John Egan tiba pada waktu yang tepat buat memblok si kulit bundar. City terus menyerang, akan tetapi malah Sheffield yang kembali menebar ancaman. Mousset memenangkan perebutan bola dengan Oleksandr Zinchenko dan terlepas di sebelah kanan. Tapi sepakan Mousset masih bisa dihalau Fernandinho.

Semenit kemudian, Oliver Norwood melepaskan crossing dan disundul Egan, namun masih melayang di atas gawang City. Sheffield menciptakan gol pada menit ke-29. John Fleck melepaskan umpan cantik kepada Mousset di sebelah kanan dan dengan dingin dituntaskan oleh striker Sheffield itu. Namun gol itu ditinjau oleh VAR dan dinyatakan tidak sah karena offside. Replay memperlihatkan selisihnya sangat tipis. Kyle Walker melakukan percobaan buat City pada menit ke-37 setelah mendapatkan umpan dari De Bruyne. Akan tetapi tembakan De Bruyne masih melambung.

Sheffield kembali membahayakan City tidak lama berselang. Kali ini crossing Enda Stevens mengarah kepada Muhamed Besic dan disambut dengan sepakan voli. Belum mengarah ke sasaran karena bola melambung. Sebuah serangan cepat dari Sheffield pada menit ke-40 hampir berakibat fatal untuk City Mousset lepas dari perangkap offside dan tinggal berhadapan satu lawan dengan Claudio Bravo. Tapi tendangan Mousset malah melebar.

Zinchenko menyambar bola liar hasil tusukan Raheem Sterling pada masa injury time paruh pertama. Tembakan Sterling melayang jauh di atas gawang Sheffield. Babak pertama pun tuntas dengan skor kacamata alias 0-0. Sheffield langsung menciptakan peluang saat babak kedua berjalan 3 menit. Umpan Mousset disambut Besic dari jarak jauh dan melambung tipis di atas gawang City.

City memimpin 1-0 melalui gol kontroversial pada menit ke-52. Sheffield kehilangan penguasaan bola karena umpan pemain mereka mengenai wasit Kavanagh, yang lantas membuat si kulit bundar bergulir ke De Bruyne. Lalu De Bruyne memberikannya kepada Aguero yang dengan dingin menaklukkan Dean Henderson. VAR menyatakan gol itu sah. De Bruyne mencoba melepaskan tendangan dari depan kotak penalti di menit ke-55. Masih tepat mengarah ke Henderson. City mengklaim penalti pada menit ke-70 sesudah sepakan Mahrez mengenai Egan. VAR memastikan tidak ada pelanggaran dari Egan.

Eksekusi tembakan bebas De Bruyne pada menit ke-75 melambung di atas gawang Sheffield.
Sheffield memabalas 3 menit kemudian. Mousset lepas dari perangkap offside ketika menerima umpan Norwood. Akan tetapi sepakan Mousset bisa dblok Eric Garcia. City menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 pada menit ke-82 lewat serangan balik. Mahrez mengawali serangan dan memberikan bola kepada De Bruyne di sebelah kiri. Kemudian De Bruyne menusuk ke tengah dan mengirim bola ke sudut kiri bawah gawang Sheffield.

Phil Foden melepaskan tembakan dari depan kotak penalti pada menit ke-88. Tapi Henderson masih bisa mengantisipasi bola. Sheffield hampir menciptakan gol pada masa injury time. Umpan lambung Stevens disambut Billy Sharp dengan sundulan kepala, namun bola hanya mengenai tiang dan bergulir di muka gawang. Tidak ada gol lain yang tercipta sampai pertandingan berakhir. (RS)

Komentar

Affiliates With :