Comeback, Chelsea Tundukkan Arsenal 2-1

Arsenal gagal memanfaatkan keunggulan cepatnya untuk mengalahkan Chelsea di Emirates Stadium. Malah Chelsea yang mampu bangkit dan memenangkan derby London dengan skor 2-1.

Arsenal vs Chelsea di pertandingan matchday 20 Premier League dimainkan di Emirates Stadium pada hari Minggu (29/12/2019) malam WIB. Tim tuan rumah mengawali dengan bagus ketika Pierre-Emerick Aubameyang menciptakan gol pada menit ke-13. Chelsea memberikan reaksinya pada paruh kedua dan menyerang habis Arsenal. Sampai kemudian Jorginho menyamakan kedudukan pada menit ke-83 memanfaatkan kesalahan Bernd Leno.

Gol itu menjadi momentum tim tamu untuk membalikkan situasi. Tammy Abraham menciptakan gol 4 kemudian dan memastikan Chelsea pulang dengan 3 poin dari markas Arsenal. Dengan kemenangan ini, The Blues masih tetap di peringkat 4 dengan nilai 35 poin. Sementara itu The Gunners berada di posisi 12 dengan nilai 24 poin.

Arsenal mengawali dengan percaya diri. Sebuah tusukan lewat Reiss Nelson di sebelah kanan berakhir dengan sebuah pelanggaran. Mesut Oezil mengirim bola ke dalam kotak penalti, akan tetapi tidak menghasilkan apapun.
Pada menit ke-5, Nelson menghasilkan pelanggaran lainnya dan kali ini operan Oezil disambut dengan sepakan salto David Luiz. Bola melayang jauh dari sasaran.

Arsenal kembali memperoleh tendangan bebas. Kali ini di bagian tengah. Luiz mengeksekusinya dan menembak langsung ke arah gawang. Namun masih tepat mengarah ke Kepa Arrizabalaga. Chelsea balas memberikan ancaman lewat situasi bola mati pada menit ke-11 setelah Willian dilanggar Matteo Guendouzi. Willian melepaskan umpan pendek yang diakhiri dengan sebuah percobaan dari Mason Mount. Tapi Leno masih bisa menghalau bola dan mengamankannya walaupun si kulit bundar sempat terlepas.

Arsenal memimpin 1-0 pada menit ke-13. Dari tendangan sudut, umpan Oezil dibelokkan Calum Chambers dan disepak Aubameyang di muka gawang. Arsenal mengklaim penalti pada menit ke-17 saat Alexandre Lacazette terjatuh di dalam penjagaan Kurt Zouma. Namun wasit Craig Pawson tetap melanjutkan permainan.

Semenit kemudian, Arsenal hampir menggandakan keunggulannya. Ainsley Maitland-Niles menusuk dari sebelah kanan dan melepaskan crossing yang diteruskan Aubameyang kepada Lacazette. Akan tetapi Lacazette terlalu lama mengambil keputusan dan gagal menuntaskannya sesudah diganggu N’Golo Kante.

Abraham meminta penalti untuk Chelsea di dalam sebuah serangan pada menit ke-36. Chelsea memenangkanbola di wilayah sepertiga akhir dan Abraham terjatuh karena tarikan Guendouzi. Namun wasit Pawson dan VAR (Video Assistant Referee) bergeming sehingga Chelsea hanya mendapatkan sepak pojok. Dari tendangan sudut itu, umpan Willian berbelok karena sundulan kepala Cesar Azpilicueta dan mengarah kepada Zouma. Namun Zouma gagal menyambut bola.

Aubameyang mendapatkan umpan dari Oezil pada menit ke-43 dan mencoba melepaskan tembakan dari sudut yang sempit. Sepakan Aubameyang masih belum mengarah ke gawang. Sampai paruh pertama tuntas, tidak ada lagi gol yang tercipta. Chelsea meningkatkan intensitas serangannya pada paruh kedua. Lewat tendangan bebas, umpan Willian disundul Azpilicueta dan berakhir ke kaki Kante. Namun tendangan Kante masih melenceng.

Abraham mendapatkan umpan terobosan di dalam kotak penalti di menit ke-66. Akan tetapi tembakan Abraham berhasil dihalau Luiz pada momen terakhir. Chelsea memperoleh tendangan sudut pada menit ke-74. Umpan lambung Mount mengarah kepada Abraham, tapi sundulannya masih mengarah tepat ke Leno.

Lewat serangan balik, Arsenal menebar ancaman di menit ke-78. Kante sempat menetralkan serangan Aubameyang, akan tetapi lantas malah kehilangan bola. Bola bergulir ke Joe Willock, tapi sepakannya melebar tipis di sebelah kanan gawang Chelsea. Chelsea mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-83. Mendapatkan sepakan bebas di sebelah kiri, Mount melepaskan umpan lambung yang coba dipotong Leno, namun gagal. Bola jatuh ke kaki Jorginho di tiang jauh dan dengan mudah dilesakkan ke dalam gawang Arsenal.

Lalu Chelsea berbalik unggul 2-1 pada menit ke-87. Lewat serangan balik, Abraham menggiring bola memasuk sepertiga akhir wilayah lawan dan memberikan bola kepada Willian di sebelah kanan. Kemudian Willian mengembalikan bola kepada Abraham di tengah kotak penalti yang lantas mengakhirinya dengan tendangan memutar untuk menggetarkan jala gawang Arsenal.

Arsenal mencoba mencari gol penyeimbang dan memperoleh kesempatan bagus pada menit ke-94. Crossing Aubameyang disambut Lucas Torreira dengan sepakan voli di tengah kotak penalti, akan tetapi masih melebar tipis di sebelah kiri gawang Chelsea. Sampai pertandingan berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Chelsea tidak berubah. (RS)

Komentar

Affiliates With :