Chelsea Ditundukkan Southampton 0-2 di Stamford Bridge

Chelsea dipermalukan Southampton dengan skor akhir 0-2 di dalam pertandingan Boxing Day Premier League. Walaupun bermain dengan dominan, Chelsea dibuat frustrasi oleh Southampton.

Chelsea langsung menguasai jalannya laga sejak kickoff di Stamford Bridge pada hari Kamis (26/12/2019) malam WIB. Akan tetapi Southampton bermain disiplin dan rapat untuk mencegah Chelsea memberikan ancaman-ancaman serius. Southampton berhasil memberikan pukulan telak buat Chelsea lewat serangan cepat pada menit ke-31. Pada paruh kedua, tim tamu mengunci pertandingan dengan gol Nathan Redmond di menit ke-73.

Gol kedua Southampton itu membuat Chelsea semakin frustrasi. Total ada 10 tembakan yang dilepaskan Chelsea, tapi cuma 3 yang mengarah ke gawang. Sementara itu Southampton yang bermain efisien, mengandalkan serangan-serangan balik memiliki 5 percobaan dengan 3 di antaranya mengarah ke sasaran. Dengan hasil ini, The Blues tetap berada di peringkat 4 klasemen Premier League dengan nilai 32 poin. Sementara itu The Saints naik ke posisi 14 dengan nilai 21 poin.

Chelsea langsung mencoba melancarkan serangan lewat sisi sayap selepas kickoff. Crossing Callum Hudson-Odoi dari sebelah kanan masih bisa dihalau Jan Bednarek. Pada menit ke-8, kerjasama antara Hudson-Odoi dan Willian diakhiri dengan umpan mendatar yang diarahkan kepada Jorginho. Tapi bola masih bisa dihalau.

Hudson-Odoi menerima bola di ujung kotak penalti di menit ke-21 dan mencoba untuk melepaskan tembakan. Namun upaya Hudson-Odoi masih mengenai Jack Stephens. Tidak lama kemudian, crossing Hudson-Odoi disambar Fikayo Tomori dengan sundulan kepala. Akan tetapi bola mengarah tepat ke Alex McCarthy sehingga mudah diantisipasi.

Chelsea memang tampil lebih dominan, namun Southampton yang mendapatkan gol terlebih dulu. Pierre-Emile Hojbjerg mendapatkan bola di sebelah kanan dan meneruskannya kepada Michael Obafemi. Tomori sempat mencoba untuk memotong umpan Hojbjerg tersebut, tapi gagal. Obafemi pun kemudian bergerak ke tengah sebelum melepaskan tendangan keras ke sudut kiri atas gawang Kepa Arrizabalaga. 1-0 untuk Southampton.

Sebuah tendangan sudut dari Willian coba dibelokkan Cesar Azpilicueta yang berada dalam penjagaan Stuart Armstrong. Bola melintas di muka gawang dan dihalau oleh McCarthy dan tidak ada satu pun pemain Chelsea yang menyambar. Chelsea terus menyerang Southampton, akan tetapi cukup kesulitan menciptakan ancaman nyata. Hingga paruh pertama berakhir, Chelsea tidak bisa mencetak gol balasan.

Chelsea langsung tampil menyerang seusai jeda. Tammy Abraham menerima bola di sebelah kanan dan melepaskan tembakan keras yang masih melenceng dari gawang Southampton. Gantian Southampton yang menebar ancaman di menit ke-49. Redmond terlepas di sebelah kiri dan melepaskan crossing ke dalam kotak penalti. Bola sempat dibelokkan sedikit oleh Tomori sehingga Che Adams gagal menyambutnya.

Hudson-Odoi menusuk dari sebelah kiri di menit ke-56 dan melepaskan sepakan yang mengenai Stephens. Hudson-Odoi meminta penalti, akan tetapi VAR (Video Assistant Referee) memastikan tidak ada terjadinya pelanggaran. Chelsea hampir kebobolan pada menit ke-65. Lewat serangan cepat dari tengah, Armstrong memberikan umpan kepada Redmond yang tinggal berhadapan dengan Arrizabalaga. Namun tendangan Redmond masih bisa dihalau Arrizabalaga dan bola tepisannya langsung dibuang oleh Azpilicueta.

Chelsea terus berupaya membongkar lini belakang Southampton. Alih-alih menyamakan kedudukan, Chelsea justru kebobolan lagi pada menit ke-73. Lewat serangan cepat di sebelah kanan, Cedric Soares memberikan bola kepada Armstrong yang dengan cerdik melepaskan umpan terobosan kepada Redmond di sebelah kiri. Berada dalam posisi bebas, Redmond pun dengan dingin menaklukkan Arrizabalaga dan merubah skor menjadi 2-0 untuk Southampton.

Christian Pulisic menusuk dan melepaskan sepakan dari muka kotak penalti di menit ke-76. Tembakan Pulisic masih melenceng tipis di sebelah kanan gawang usai sempat ditepis McCarthy. Chelsea memperoleh peluang lainnya dari tendangan sudut pada menit ke-83. Umpan Emerson Palmieri disundul Azpilicueta, akan tetapi bola masih melayang di atas gawang Southampton.

Tembakan Mason Mount pada menit ke-88 hanya bergulir pelan dan melenceng di sebelah kanan gawang Southampton. Upaya selanjutnya pada menit ke-91 mengarah ke sasaran, tapi masih bisa dihalau McCarthy. Tidak ada gol lain yang tercipta sampai laga berakhir. (RS)

Komentar

Affiliates With :