Arsenal Menang 3-1 Atas West Ham United

Arsenal mampu bangkit dari ketertinggalan ketika melawan West Ham United pada matchday 16 Premier League. Arsenal membalikkan keadaan dengan menang 3-1.

Duel sesama tim London antara West Ham vs Arsenal tersaji di London Stadium di matchday 16 Premier League pada hari Rabu (10/12/2019) dinihari WIB. Arsenal bermain dengan dominan dengan ball possession sebesar 61%.

Walaupun demikian, Arsenal bermain tidak efektif pada paruh pertama sehingga West Ham bisa memanfaatkan situasi ini. Tim tuan rumah unggul terlebih dulu melalui Angelo Ogbonna.

Kebangkitan Arsenal terjadi pada babak kedua. Tim tamu menggelontorkan 3 gol melalui Gabriel Martinelli, Nicolas Pepe dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Hasil ini juga memutus catatan buruk Arsenal yang tidak pernah menang di 9 pertandingan terakhirnya. Ini juga menjadi kemenangan pertama di bawah arahan Freddie Ljungberg.

Tambahan 3 poin ini membuat The Gunners ke posisi 9 dengan nilai 22 poin. Sementara itu The Hammers tetap di peringkat 16 dengan nilai 16 poin.

Arsenal lebih banyak menguasai jalannya pertandingan daripada West Ham pada awal-awal laga. Akan tetapi Arsenal terlihat sangat sulit untuk memasuki lini belakang West Ham.

Bisa mematahkan alur serangan Arsenal membuat West Ham perlahan-lahan mulai bisa mengembangkan permainannya. Tidak cuma menunggu, West Ham berani melakukan tekanan di daerah pertahanan Arsenal.

Ancaman pertama dibuat West Ham di menit ke-25. Berawal dari sepakan bebas Robert Snodgrass di sebelah kanan, pemain Arsenal bisa menghalau si kulit bundar dengan baik. Sapuan bola tersebut malah mengarah ke Pablo Fornals yang tidak terkawal di tiang jauh. Tapi tendangan Fornals masih lemah sehingga bisa dijinakkan Bernd Leno.

Tekanan tinggi yang diterapkan West Ham mulai membuat repot Arsenal. Hasilnya West Ham bisa memimpin 1-0 pada menit ke-39. Tendangan sudut West Ham menciptakan kemelut di muka gawang Arsenal. Lantas bola mengarah kepada Fornals di sebelah kiri di dalam kotak penalti. Fornals kemudian melepaskan crossing yang berhasil ditanduk Ogbonna dan mengenai Ainsley Maitland-Niles. Bola yang berubah arah mengelabui Leno sehingga masuk ke dalam gawang Asenal.

Keunggulan satu gol tersebut bisa dipertahankan West Ham sampai paruh pertama berakhir.

Selepas turun minum, Arsenal yang ketinggalan pun meningkatkan intensitas serangannya. Upaya Arsenal akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-60. Umpan terobosan Lucas Torreira bisa dijangkau Sead Kolasinac yang naik membantu serangan di sebelah kanan. Kolasinac lantas melepaskan umpan mendatar yang disambut Martinelli dengan tembakan keras di dalam kotak penalti. Bola mengarah deras ke sebelah kiri gawang West Ham. Skor pun menjadi sama kuat 1-1.

Gol Martinelli melecut semangat tim besutan Ljungberg itu. Enam menit kemudian, Arsenal mampu berbalik unggul 2-1 melalui aksi Pepe. Bergerak dari sebelah kanan, Pepe melancarkan tusukan ke lini pertahanan West Ham dan kemudian melepaskan tendangan melengkung yang tidak mampu dihalau David Martin.

Pepe lagi-lagi menjadi mimpi buruk buat lini belakang West Ham. Pada menit ke-69, umpan silang Pepe bisa dituntaskan Aubameyang dengan sepakan voli untuk memperbesar keunggulan Arsenal menjadi 3-1.

West Ham yang terkejut dengan tiga gol cepat Arsenal itu pun mencoba meningkatkan serangannya untuk memperkecil skor. Akan tetapi sampai wasit Mike Dean meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap tidak berubah. Arsenal pun pulang dari kandang West Ham dengan keunggulan 3-1. (RS)

Komentar

Affiliates With :